DOGMIT DAN LITERASI TEKNOLOGI

Salah satu hal yang sekarang didengung dengunkan adalah pentingnya literasi, sebagai sebuah kosnsep  yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang. Dengan begitu apa sebenarnya makna literasi itu?

Berasal dari bahasa latin ‘literature’ dan bahasa inggris ‘letter’. Literasi menunjuk kepada kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara termasuk didalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Tidak hanya itu literasi juga mencakup melek visual yang artinya “kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar). :

Tuntutan keterampilan membaca pada abad 21 adalah kemampuan memahami informasi secara  analitis, kritis, dan reflektif, rasanya harus menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan pendidikan. Dengan demikian literasi khususnya literasi tekonologi selain tentu saja litarasi tekonologi harus semakin sering dilatihkan kepada para siswa. Bagaimana literasi tekonologi harus dilatihkan kepada para siswa sementara gurunya sendiri tidak melek tekonologi. Para guru yang lahir  pada tahun 70-80an banyak yang masih gagap dengan tekonologi

Adalah DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT) yang digagas oleh bapak sukani bisa menjadi pilihan para guru untuk lebih melek IT, untuk meningkatkan literasi teknologi. Saya pribadi merasakan manfaat yang luar biasa dari guru yang boleh dikata gagap dengan teknologi sekarang menjadi lebih bisa memanfaatkan teknologi IT khususnya untuk membantu tugas mengajar saya di kelas. Untuk mengikuti DOGMIT yang paling penting menurut saya adalah ‘tidak tau malu’ alias jangan segan untuk bertanya di forum diskusi. Kepada semua saja yang ingin lebih melek teknologi rasanya DOGMIT bisa menjadi jawaban untuk kesibukan kita.

Referensi

https://lagibelajarlagi.wordpress.com

Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemendikbud

http://duniapendidikan.putrautama.id

http://www.afifahafra.net/2016/09/4c-empat-keterampilan-abad-21.html

Tinggalkan komentar