Belajar Pintar melalui DOGMIT

Ketika dunia berubah dengan sangat cepat, maka manusia pun dituntut untuk cepat beradaptasi dengan perubahan itu, karenanya jika tidak dia akan tertelan oleh perubahan itu. Lebih lebih profesi guru menuntut siapa saja yang terlibat di dalamnya untuk mau belajar dengan cepat juga. Sudah selayaknya kita perlu berterima kasih pada siapa saja yang mau peduli dengan profesi ini sehingga memungkinkan guru, yang dengan segala keterbatasannya terutama waktu dan biaya dapat belajar dengan cepat. Saya pribadi berterima kasih kepada pak Sukani penggagas DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT), sehingga saya yang semula relatif”TBC” alias tidak bisa computer menjadi lebih melek IT. Melalui DOGMIT saya juga merasa lebih percaya diri dalam mengajar. Melaui DOGMIT saya juga belajar pintar IT. Di diklat terakhir saya belajar belajar membuat blog, dan lagi lagi saya merasakan maanfaat yang luar biasa karena dengan blog yang saya buat saya bisa berinteraksi dengan siswa saya lebih intens selama 24 jam bukan hanya di sekolah tetapi juga di rumah.
Beberapa tanggapan terkait hasil diklat terakhir yang saya ikuti seperti: Blog bapak bagus, Blog bapak keren dan gaul, demikian juga tanggapan orang tua siswa anak saya kalau belajar harus dengar lagu dan dia suka buka blog bapak karena lagunya enak didengar buat belajar. Blog guru tentu saja sudah sangat banyak tetapi teman-teman guru yang memanfaatkan form kirim tugas (dibuat lewat google formulir) belumlah banyak. Saya salah satu guru yang memanfaatkan form kirim tugas untuk semua tugas tugas saya pada siswa apakah itu PR, laporan praktikum, atau tugas lain. Saya sudah tidak menerima tugas dalam bentuk hardcopy tetapi semua tugas dikirim lewat form kirim tugas yang ada di blog saya. Sejauh ini para siswa saya relatif tidak keberatan dengan cara ini bahkan saya menilai mereka cukup “menikmati”.Atas hal hal itu maka saya menilai DOGMIT memliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia
Ke depan saya berharap akan semakin banyak pak sukani pak sukani lain yang juga peduli dengan mutu pendidikan di Indonesia, terutama saya berharap ada diklat online untuk setiap mata pelajaran sehingga mutu pendidikan di Indonesia semakin baik.

Satu pemikiran pada “Belajar Pintar melalui DOGMIT

Tinggalkan komentar